Brigez Kini Telah Berhijrah

Jabarline.com- Brigez adalah kepanjangan dari nama “Brigade Seven”. Komunitas ini lahir tahun 1982 di Bandung tepatnya SMUN 7 Bandung. Konotasi negatif pasti terbentuk setelah mendengar nama Brigez, maklum karena Brigez sempat booming di media sebagai geng motor yang memiliki ciri khas urakan dan kerap berbuat onar.

Deklarasi Damai
Pada 13 Desember 2010 Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suparni Parto bersama Pangdam III / Siliwangi yang diwakili Kasdam III / Siliwangi dan Gubernur Jawa Barat H. Ahmad Heryawan secara resmi memimpin pembubaran Geng Motor Jawa Barat.
Acara yang bertajuk “Deklarasi Sadar Kantibmas  Oleh Kelompok Geng Motor Se-Jawa Barat” itu berisikan pernyataan tertulis yang dibacakan oleh 4 Perwakilan Anggota Geng Motor yaitu Brigez, M2R, XTC, dan GBR. Keempat Perwakilan ini setelah membacakan pernyataan tertulis mengenai pembubaran Geng Motor kemudian menandatanganinya disaksikan oleh Kapolda Jabar, Pangdam III/ Siliwangi, dan Gubernur Jawa Barat serta Muspida Jabar.
Sejak saat itu perubahan Brigez mulai muncul dengan tumbuhnya ide-ide dari para seniornya. Brigez menjadi sebuah Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) yang sekarang terkenal dengan OKP BRIGEZ INDONESIA. Tujuan OKP BRIGEZ INDONESIA diantaranya ingin merubah pandangan buruk masyarakat tentang keberadaan Brigez. Dalam OKP Brigez tersebut, ditegaskan bahwa misinya akan melakukan pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara dengan mewujudkan Bandung dan Jawa Barat tempat yang aman dan damai.
Seiring berjalannya waktu, Brigez mulai dikenal publik, jejaringnya pun makin meluas dan merambat ke berbagai daerah di Jawa Barat, citra negatif brigez dahulu pun kini kian memudar, karena brigez kerap kali mengadakan dan terlibat dalam aksi peduli sosial, contohnya bakti sosial ramadhan rutinan pertahun, donor darah, santunan anak yatim dan masih banyak lagi.
Brigez Berhijrah
Brigez kini telah berhijrah, seperti moto brigez DPW Purwakarta, “Brigez spirit to hijrah” yang berarti semangat dalam proses hijrah dari geng motor menuju organisasi kemasyarakatan pemuda yang mengabdi kepada nusa dan bangsa, Indonesia. Dalam event #ClickyourIman yang salahsatunya disponsori Dinas Pemuda dan olahraga (Dispora) kota Bandung, tampak ratusan pemuda dari puluhan komunitas berkumpul di Click Square, Jl.Naripan, Bandung.
Pada acara itu, hadir sebagai pembicara, Andri AB dan Kiki dari Brigez Berdzikir, Haidar Mansur Mar’ie dari komunitas animator Muslim, Soni Wasita dari Dispora, Paisal Azhar dari XTC Hijrah, Alfa dari Pemuda Dakwah, dan beberapa pemuda lainnya yang berasal dari sahabat al-Qur’an, dan Daarut Tauhid.“Mereka berdakwah di bus bus, di mall, mengajak yang nongkrong, yang buta huruf hijaiyyah,” ujar Senior Brigez, yang juga mewakili Dispora, Soni Wasita.(Ksd)
Penulis : Muhamad Akbar Saleh (Anggota DPW Brigez Purwakarta)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *